Artikel Terbaru :
Home » » Cara Menambah RAM di Android

Cara Menambah RAM di Android

Written By ady davedevil on Friday, June 7, 2013 | 2:27 PM

Cara Menambah RAM di Hp Android

Sudah lama saya tidak posting dan kangen sama sobat blogger dan sobat androiders. Mohon maaf bagi yang sudah menunggu soalnya saya juga lagi sibuk di dunia nyata heheeee....
Oke, kita lanjutkan pembahasan. Saya akan membahas masalah RAM pada hp android. Banyak artikel tentang menambah RAM di android di google atau di blog lain yang membahas ini. Tapi banyak juga yang tidak 'work' atau bisa dibilang gagal. Nah, posting ini mungkin sangat membantu anda karena artikel ini sudah di uji dan 100% berhasil.

RAM pada android ini sangatlah penting. Layaknya komputer jika RAM sedikit pastinya akan lemot. Banyak sekali para pengguna android yang menyesalkan tentang RAM yang sedikit ini. Khususnya hp samsung galaxy young GT-S5360, samsung galaxy young duos GT-S6102, samsung galaxy mini GT-S5570 dan sebagainya yang memiliki RAM sedikit. Tapi jangan khawatir, tutorial kali ini akan membantu anda dalam mengatasi RAM yang sangat sedikit tersebut dengan cara 'bukan menambah tapi melegakan atau membantu RAM di android anda'.

sebelumnya buka setting > aplikasi > pemakaian memori > berjalan. yang free sangat sedikit kan?? nah itu dia yang membuat hp lemot. Cara dibawah ini mengatasi hal tersebut dan tentunya hp tidak akan lemot alias lambat loading.

Berikut tutorialnya, silahkan disimak baik-baik dan jangan lupa secangkir kopi hangat dan membaca basmallah (bagi muslim) !!!!


Persiapan
  1. Yang pastinya sudah di root jika belum lihat disini
  2. Sudah tersedia CWM. Jika belum download CWM disini
  3. Download Adrenaline_boost v3 disini
  4. Download 98_test disini
  5. Download root explorer disini dan instal (jika sudah ada tidak perlu di download)
  6. Download B1 Android Archive disini dan instal
  7. Download Terminal Android disini dan instal (jika sudah ada tidak perlu di download)
Instalasi langkah Pertama
  1. Masuk ke Recovery Mode dan masuk ke CWM
  2. Pilih 'backup and restore' lalu pilih backup ( ini berguna jika kita gagal maka tinggal di restore )
  3. Selanjutnya Mount /System and /Data
  4. Adrenaline_boost v3 lalu reboot.

Instalasi langkah Kedua
  1. Setelah reboot masuk Root Explorer > system > edit Build.prop dengan mencari kode ini 'ro.HOME_APP_ADJ=1' dan rubah menjadi 'ro.HOME_APP_ADJ=-25'. Jika tidak ada kode tersebut tinggal tambahkan saja dibawahnya dan reboot.
  2. Setelah reboot masuk ke Terminal ketik su lalu enter tunggu muncul super user lalu klik allow. setelah itu ketik boost dan enter. ketik reboot dan enter. Tunggu sampai selesai reboot.

Instalasi langkah Ketiga
  1. Setelah reboot lalu buka Root Explorer > system > etc > tekan lama-lama init.d > permissions > centang semua (jika permissions tidak berfungsi rubah r/o jadi r/w).
  2. Buka b1 archive lalu cari file '98_test.zip' > tekan lama-lama pilih extract > select another folder > tekan gambar rumah > another location > ketik /system/etc/init.d lalu tekan panah > dan pilih extract here lalu reboot.

Jika berhasil melakukan langkah - langkah di atas, buka setting > aplikasi > pemakaian memori > berjalan. Lihat yang free jadi banyakkan. Dan rasakan wus wusss...... kenceng abiisss hehehee


Tips Tambahan
Oh yah, sedikit tips nih dari ady. Jika ingin tambah wwuuusss kayak si yondaime (si kilat kuning) cepet brebet mantep dah hehehe. Berikut tipsnya :
  1. Syaratnya Kernel anda harus support swap
  2. Download dan instal RAMEXPANDER disini (Aplikasi itu berbayar tapi jika ingin download gratis caranya disini)
  3. Buka aplikasi RAMEXPANDER, jangan centang 'autorun' dan 'notify message'
  4. Lalu pilih 'Optimal Value' dan centang 'swap active'. Tunggu sampai proses selesai
  5. Jangan klik close dulu karena proses masih berjalan, tunggu 1 menit lalu klik close.
Jika sudah selesai tahap diatas maka rasakan kecepatan yang tiada tanding kwkwkww...oh yah,, jika anda mematikan atau me-reboot hp anda maka ulangi cara 3-5 di RAMEXPANDER.



Pesan
  1. Saya sarankan SD card minim 16 Gb class 10.
    http://3.bp.blogspot.com/-HO_AtfhA-I0/UirGJK6_NkI/AAAAAAAAA4I/35LtoEzDobQ/s1600/134007_sdCardClass10.jpg
  2. Tutorial ini Berhasil di gingerbread dan dibawahnya jadi coba saja gingerbread dan diatasnya mudahan berhasil.
  3. Jika keyboard tidak berfungsi di terminal maka coba pakai type keyboard lain.
  4. File yang ady sediakan semua terdapat di 4shared jadi jika ingin mendownload via hp lihat caranya disini :
    1. Saya sarankan pakai Browser Opera Mini.
    2. Copy link 4shared yang ingin di download.
    3. Buka tab baru lalu masuk ke http://4server.info
    4. Selanjutnya pastekan link tadi ke http://4server.info lalu klik 'generate link' maka file akan terdownload secara otomatis.
  5. Jika folder init.d tidak ada maka ikuti cara dibawah ini :
    1. Download term-init.sh Disini dan rubah namanya jadi term-init.sh
    2. Kemudian taruh di SDCard (jangan didalam folder apapun)
    3. Buka Terminal Emulator
    4. Ketik "su" tanpa tanda kutip untuk mendapatkan akses SuperUser
    5. Ketik "sh /sdcard/term-init.sh" tanpa tanda kutip untuk mengeksekusi term-init.sh
    6. Ikuti langkah-langkah yang keluar
    7. Reboot dan finish

Description: Cara Menambah RAM di Android
Rating: 5
Reviewer: ady davedevil
ItemReviewed: Cara Menambah RAM di Android
Share this article :

233 comments:

  1. gan masih bingung bisa kasi turtor videonya gak? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee maaf gan ,,, ntar deh posting selanjutnya pakai tutorial video ,, (y) terima kasih atas sarannya

      Delete
    2. Iya gan masih Bingung juga , kira2 kapan ni tutorialVideonya ?

      Delete
    3. maaf gan alx ane msih mencari screnrecorder yang pas buat gyd alx samsung sya type gyd jdi agak ribet nyrinya ,, klau screnrecorder yang ada kbnykan lag gan ,,,

      Delete
    4. maaf bang ady,saya mau nanya,mungkin jauh dari bacaan yg ada diatas.
      saya mau nanya emang galaxy mini bisa diupdate ke Jelly Bean?
      mohon dijawab..
      Terima kasih

      Delete
    5. tepatnya di custom rom alias stock rom asli di edit gan jadi jelly bean

      Delete
  2. gan in tutorial untuk segala model android ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap asal versi gingerbread dan dibawahnya ,,, untuk diatasnya silahkan dicoba

      Delete
    2. ane nyoba di ICS bisa kok .. mantab gann

      Delete
  3. coba di foto dan screenshot gan hasilnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke ,,, saya akan segera upload ss nya ,, thank's gan

      Delete
  4. bahasanya masih gak paham gan..

    yg awam aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ada mslahan tentang artikel diatas silahkan saja gan ,, ane siap untuk menjawab ,, :)

      Delete
    2. gan ane agak bingung di mount/system and/data
      itu lewat cwm kan gan?
      kok gak ada ya gan?
      adanya mount/sdcard gitu gan gmn ?

      Delete
    3. Iya. Ogut jg. Ogut pake Galaxy Young GT-S5360.
      Gimana donk.?

      Delete
    4. gan maaf mau nanya, setelah di back up terus maksudnya "Selanjutnya Mount /System and /Data" itu apa yahh ??
      HP ane galaxy ace s5830, sekalian minta pencerahannya..
      Thnks ^^

      Delete
    5. @fatchun : masuk ke tahap trsbut jika terlihat ada "unmount system" nah klik itu maka berubah jadi "mount system" jika kata trsbut "mount system" maka tidak usah diklik ,,,begitu juga data dll.

      Delete
  5. Replies
    1. Gan nie ΒÎƧ̷äª ∂í terapkan ∂í andromax i
      Stock room

      Delete
    2. bisa dicoba saja gan ,,, (backup terlebih dahulu yah)

      Delete
  6. terimakasih bnanyak gan ane udah behasil coba tahap 1,2 dan 3..
    ane pke custom ROM ginggericejelly support tpi masih ada rada" macet dikit RAM nya sih udah lumayan lega..
    klo make RAM Expander gak bsa licency Falied ktanya ..??
    solusi nya gan..??

    ReplyDelete
  7. Gan, folder init.d g ad di memory telfon, nah pas ikutin tutor bwt bikin folder init.d malah g bisa...
    pas ketik sh/sdcard/term-init.sh hasilx malah not found
    pas ketik sdcard/term-init.sh hasilx cannot excetu - permission denied

    HH xperia mini pro ICS

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau not found brrti filenya tidak ditemukan...
      ketik sh /sdcard/term-init.sh
      usahakan filenya di luar alias bukan dalam folder dan nama filenya ubah jadi term-init.sh

      kalau permission denied brartu sebelum ketik ter-init harus ketik su terebih dahulu agar bisa diizinkan oleh superuser

      Delete
    2. wah sukses gan, tp sayangx RAMx msh kepakek separuhx,, pdhl udh ikutin tutor dgn benar..

      Delete
    3. wlaupun begitu apkah agan merasakan kecepatan yang berbeda dari sebelumnya ??

      Delete
  8. Gan, ane pake gayoung
    pas diboost pake better terminal error
    boostny g bisa
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klau "error" coba di restar n jika "not found" lewatkan saja

      Delete
  9. gan di instalasi langkah kedua pas di root explorer terus masuk system nah edit build.prop nya gak ada
    mohon pencerahannya gan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di reboot gan,, atau uninstal n instal root explorer

      Delete
  10. gan...hp ane gal fit dan udh ginger, klo mau dibuat sprti yg ditulis diatas bgmna step"nya..?? smntra hp ane br d root aja..
    maaf gan gaptek.. :) terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah,,!@#$%^& kok agan tanya lagi stepnya, bukannya sudah ane siapin thu n lengkap banget cra2 diatas gan ,,,,
      tinggal ikuti stepnya jika ada mslah baru tanya gan ,, ane bkal balas kok gan.

      Delete
    2. maksud ane adakah hrus instal aplikasi lain dulu sbg syrat unt instal tulisan diatas, smntra hp ane blom "oprek"...?

      Delete
    3. yang pling utama root dlu gan yang pasti. prtnyaan agan hrus instal aplikasi trlbih dhulu yaitu root exlorer, terminal, b1 android archive. ckup itu aja gan yang harus ada

      Delete
  11. masih pusing gan.. tpi wajib di ulik.. thank's infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap sma2 gan ,, sya srankan perlahan saja yang pnting stepnya bener hehehe

      Delete
    2. udah bisa smua gan (mindah ke SD sma yg ini)
      hehehe

      Delete
  12. gan,kok pas msuk terminal emulator, trus ane boost... kok hailnya "error when boosting" ya??
    q pke galaxy fit gan...
    mohon pencerahannya :-)

    ReplyDelete
  13. videonya mana gan.... ane masih blom ngarti. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan ane belum dapat screen recorder untuk android yang bagus

      Delete
  14. gan yg ,minimal 16GB tuh yg tambahan atau semua tips??
    ane cuma 2Gb, bisa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan tips gan tapi disarankan (recomended) harus 16 Gb atau diatasnya

      Delete
  15. kok aku cari di system/etc/ bagian init.d kok gak ada ya mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat di di artikel paling bawah tentang cara memunculkan init.d

      Delete
  16. bro..setelah mount/system n /data adrenalin._boost nya gak ada..padahal udah disimpan di root bukan difolder saya pake SGA duos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok simpan di root gan ???!@#$%^&* simpannya disdcard dan taruh diluarnya bukan di folder9tepatnya buka sdcard langsung pastekan sja disitu) ,, jangan slah pham gan hehehe

      Delete
  17. oh iya bro...sy mau nanya knapa hh saya kalo abis di reboot terus2an restart?padahal ram nya masih banyak yg kosong trus udah instal antivirus (takut terinfeksi)..sy coba copot sd card dan keluhan itu hilang..bahkan ketika dimasukan kembali..punya jalan keluarnya?maaf kepanjangn...trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika di reboot dan terus2an restar itu berarti hh ente bootloop gan

      Delete
  18. maturnuwun Ndan, saya sudah berhasil dgn mengikuti langkah" komandan, kcepatan lumayan wusss (mantafff)

    cross A25 Gingerbread

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sip gan thank's atas testimoninya :D

      Delete
  19. langkah saya terhenti di langkah ke tiga
    saya mencari init.d tidak ada, trus gimana mas?
    saya pake nexian mi320
    jika tidak sempat buka blok boleh kirim infonya ke email krisdenpasar@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cara diartikel bawahnya langkah lima cara memunculkan folder int.d

      Delete
  20. term-init.sh nya kok not found? padahal udah diletakkan di sd card luarnya bukn di folder....ada yg salah gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cri di google gan cara memunculkan folder init.d

      Delete
  21. wah kok terlalu ribet ya gan, ada gk yang simpel dan gampang.....??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok gan ,, pakai ram expander cuman sd minim 16Gb

      Delete
  22. bro.... ramexpander ane kok malah error.... minta lecence yang valid

    ReplyDelete
    Replies
    1. download di blackmart alpha gan alx aplikasi itu berbyr

      Delete
  23. gan init.d ane kq nggak ad di system-etc nya... yg ad init.goldfish gan... mhon pencrhanx.... thanks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bca dibwah artikel gan ada cra membuat folder init.d

      Delete
  24. ane Coba dulu nih buat ST15i Jellybean 4.2.2 nanti kalo ada yg brebet..brebet minta pencerahannya ya gan ady..

    ReplyDelete
  25. gan pas ditahap keduanya ko ga mucul 'ro.HOME_APP_ADJ=1' itu gmna ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah sya jelaskan dartikel itu gan Jika tidak ada kode tersebut tinggal tambahkan saja dibawahnya dengan kode nih

      ro.HOME_APP_ADJ=-25

      Delete
  26. gan ane instal RAM EXPANDER yg dari BM juga minta license yg valid. ada yg lain mungkin??

    ReplyDelete
  27. work min kece banget , ram ane cuma kepake 89 dari 351 . makasih yo... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee sip gan terima ksih kembali sudah ngasih testimoni ,,, :D (y)

      Delete
  28. gan kalau memory hh ny udah di partisi ngaruh gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk ngaruh gan ,, mlah bgus klau sudah dipartisi

      Delete
  29. hh aq kan sdah partisi pke amarulz gan, juga gak ngaruh ya.......???
    thank's gan bantuan nya .....

    ReplyDelete
  30. kalau kernel repencis bisa swap gak ?

    ReplyDelete
  31. kalo step root gagal, ngaruh ga gan sama hp.nya?

    thanks

    ReplyDelete
  32. ribet banget sih carax ngak ad cara lain....

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara mudahnya pakai aplikasi ram expander itu gan.. asal sdcardnya 8GB keatas

      Delete
  33. thanks gan,, baru aja gw obrak abrik oprek sana sini menurut tutorial yg agan kasih,, dan berhasil gan di gayoung gue yg kuro kernel,, trus sd cardnya cuma 8 giga udah di partisi, kalo pake sd card sgitu saran gue jngan pake ramexpander, tapi pake rakun optimizer,, tambah wuuuuzzzz dah kea minato...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah selamat gan!!! ,, penggemar naruto juga yah hehehe :D

      Delete
  34. gan kalau pake memory card yang cuman 2 Gb apa bisa gan ?
    terimakasih ...
    :)

    ReplyDelete
  35. udah yg coba cusrom JB blom gan..gmana.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane bul coba gan ,, klau agan mau coba ane srankan di backup dlu

      Delete
  36. Maaf Bang ini Pakai PC atau di handphone aza toturialnya

    ReplyDelete
  37. gan kalo udh berhasil, app nya sperti b1 dll, di hapus tu ngaruh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada intinya jangn hpus app msih berfungsi

      Delete
  38. Mau tanya gan kalau di galaxy pocket masukinnya d sdcard apa sdcard/external???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon perjelas pertnyaannya gan soalnya sdcard ama external itu sma aja

      Delete
  39. maaf nih gan , temen saya kn pke galaxy young , tapi tampilan aplikasi nya sudah sperti galaxy sIII.. apa agan tau gmna cara nya gan ?

    ReplyDelete
  40. maaf nih gan , temen saya kn pke galaxy young , tapi tampilan aplikasi nya sudah sperti galaxy sIII.. apa agan tau gmna cara nya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan klo SDnya 8 GB Bsa Gak Gan ??

      Delete
    2. jangan gan tambah lemot n sdcard berumur pendek

      Delete
  41. boleh tanya gk?
    pake samsung galaxy mini GT-S5570 emang di masukin SD 16GB kuat?
    klo kurang dari 18GB knp gan?bisa di jelasin gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah kuat atau gaknya itu tergntung RAM yaitu bertugas membaca file ,,,

      Delete
  42. gan, saya di step ke tiga pas extraxt gak bisa terus kenapa ya?failed trus, padahal posisi sudah r/w ? saya pakai y duos cusrom gijv2

    oia kalau berhenti di step 3 apakah perlu di restore lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di centang semua di bagian permission ??

      Delete
    2. sudah semua gan, permissiom sudah di centang semua, dan sudah posisi r/w, kenapa ya kira2 gan?

      Delete
    3. coba agan reboot terlebih dhulu bru ulangi

      Delete
  43. permisi agan ady, saya pake andro xperia E jelly bean apakah bisa pake ram expander?
    trus kalo pake ram expander itu apa masih harus melakukan langkah2 yg diatasnya gan?
    apa cukup ram expander aja?
    yg trakir, itu nanti berpengaruh ke aplikasi gk gan,semisal aplikasi chat gt??

    terima kasih gan,mohon maaf pertanyaan ane bnyk,maklum newbiee hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sratus prtnyaan juga bleh gan n ane jwab semampunya :) ,,,
      untuk mslah ram expander jika memori agan 16 Gb dan diatasnya mungkin cara diatasnya tdak perlu dan jika tnya tntang pengaruh aplikasi itu tdak ada pengaruhnya sma sekali gan.

      Delete
  44. Replies
    1. bisa gan ,,, bisa ngelag jadinya hehehee
      saya sarankan jangan gan ,,,

      Delete
  45. Wushh
    Mantapp gan, jdi cpat krjanya kya pke hiraishin mawashi no jutsu mlik nidaime / yondaime hokage ... mkasihh tutorrnya ..

    ReplyDelete
  46. tanks gan, di costum rom jellybean 4.2.2 galaxy gio pun bisa di pakek.
    :)

    ReplyDelete
  47. saya pke galaxy y duos mau coba ini.. sd card 16 gb class 10 UHS 1..
    tpi kok di terminal gk bisa ya keyboardnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca artikel pling bawah gan bagian pesan ,,,, pakai methode keyboard lain

      Delete
    2. maksudnya ganti methode gimna?? layar tekan lama trus ntar pilih methode gitu?? ini pas di terminal gk bisa layar di tekan lama.. gk keluar apa2...

      Delete
    3. keluar dri terminal atau tkan tombol home lalu ke pengaturan pilih teks dan bahasa lalu pilih methodenya

      Delete
  48. gan, saya di step ke tiga pas extraxt gak bisa terus kenapa ya?failed trus, padahal posisi sudah r/w ? saya pakai y duos cusrom gijv2

    oia kalau berhenti di step 3 apakah perlu di restore lagi?

    sudah semua gan, permissiom sudah di centang semua, dan sudah posisi r/w, kenapa ya kira2 gan?

    ReplyDelete
  49. bang adi... tolong donk share cara root galaxy star duos... atau link download file rootnya.... trus ama link cwm utk star duos.... hehe maaf bnyak bgt mintanya.... maksih bang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak mau ribet mungkin bisa gabung di grup ane gan dsni https://www.facebook.com/groups/forumandroiders

      Delete
  50. gan numpang nanya nih, y duos kalo cusromnya XDuosV3 bisa ga ikuti tutorial di atas??
    trima kasih sbelumnya gan

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. gan,,ane pake memory 8GB class 10.. ane udh ikuti tutor d atas,,berhasil gan..no lag..
    tpi apa ada pengaruh lain ngk gan.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengruhnya mungkin bsa sja umur sdcard agan bertambah pendek ,,,mungkin aja sih ,, tpi slma hh ttep sehat walafiat thu tak jdi mslah ^^

      Delete
  53. gan, klo memory nya 2-4 GB gmna bisa gak ?

    *Mohon Penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jng gan bisa pendek umur sdcard tuh n bkannya kenceng mlhan tambah lemot

      Delete
  54. gan HH saya Samsung Galaxy Mini 2 tapi sudah saya custom jadi Jelly Bean,, apa tutor di atas masih bisa saya lakukan di HH saya,, mengingat tutor di atas hanya bisa di lakukan di android 2.2 ke bawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sran sya ckup pkai sdcard 16GB dan lkukan step diatas

      Delete
  55. yg sd card minimal 16 gb tu mksdnya apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika pakai aplikasi ram expander minim 16GB

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. mantappppppppp RAM hp w FREE'y jadi banyak... thank...

    ReplyDelete
  58. cara edit build.prop.nya gmna gan????????? ko 'ro.HOME_APP_ADJ=1' nya ga bisa di ganti???????

    ReplyDelete
  59. Gan cara d atas itu memori harus d partisi dulu ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu gan ,, krena hanya system dan tdak ada hubungannya dengan sdcard

      Delete
  60. gan ane udh ikuti tutorial ini dgn benar... ane pake goyung duos... trus pnya ane ram berjalannya yang used 49 dan yg free cuma 174.... itu sih udah nambah apa masih sama ky sblumnya... cz ane ga liat pas sblum melakukan ini

    ReplyDelete
  61. gan ane udh ikuti tutorial ini dgn benar... ane pake goyung duos... trus pnya ane ram berjalannya yang used 49 dan yg free cuma 174.... itu sih udah nambah apa masih sama ky sblumnya... cz ane ga liat pas sblum melakukan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja rasakan gan dngan sblumnya apa msih lemot atau tidak ,,,
      klau bisa pakai ramexpander biar lebih abdol

      Delete
  62. apa ramnya ga nambah gan???????????
    memori ane 8 gb tu udh di partisi... apa bisa pake ramexpander?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. lhat gan sdcardnya clas 10 atau tdak

      Delete
  63. caranya????????????

    biar ram.y nambah gmn gan caranya????

    ReplyDelete
  64. ya genah punya sya ram yg used 49 dan yg free cuma 174... apa itu udah berhasil????
    ko lbh bnyak galaxy young ketimbang young duos????

    ReplyDelete
  65. ngga an... sd card ane 8gb... ane cuma ikuti tutorial agan yg di atas... tp kya gda perubahan di ram gan....

    ReplyDelete
  66. ngga an... sd card ane 8gb... ane cuma ikuti tutorial agan yg di atas... tp kya gda perubahan di ram gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jng lhat statistik gan ,, rasakan kcptannya

      Delete
  67. ok gan,,,, ngebuttt.. jjoooosssssss ggaanndddoossssss.....
    oh ia gan, download custom rom lewat hp ko gagal trus sh?????

    ReplyDelete
  68. ok gan,,,, ngebuttt.. jjoooosssssss ggaanndddoossssss.....
    oh ia gan, download custom rom lewat hp ko gagal trus sh?????

    ReplyDelete
  69. work gan... thnkzzzz....... jadii banyakkk....

    ReplyDelete
  70. okee gan trima kasih tutorialnyaa. ane sudah berhasil praktekin.
    ane mau tanya kalau mau pakai rameExpander, kernel harus support swap. caranya gimana gan supaya kernel support swap? HH ane Galaxy W

    ReplyDelete
    Replies
    1. download kernelnya aja gan yang versi terbaru di xda biasanya ada

      Delete
  71. maaf gan kenapa handphone saya tidak bisa di restore

    ReplyDelete
    Replies
    1. restoring boot image....
      restoring system....
      E:format_volume:format_rfs_device failed on/dev/block/stl12 error while formating system!
      E:can't mount/cache/recovery/log
      E:can't open/cache/recovery/log
      E:cant mount/cache/recovery last_log
      E: can't open /cache/recovery/last_log

      Delete
    2. sepertinya itu kslhan system mount atau unmount ...
      mount system terlebih dhulu

      Delete
  72. Hoaks ni mah masa yg berubah di tampilan doank...di tampilan tugas ram y tetep ga ada perubahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan mengandalkan tampilan ,,, rasakan keceptannya bang B-)

      Delete
  73. gan kan aneh udah boost itu bisa trus ketik sh/sdcard/term-init.sh itu klwar permession denied trus tag tambahi su atasnya tpy tetep aja kelwar permesiion denied gan ada pencerahan gan

    ReplyDelete
  74. Gan masukan sedikit nih, bikin tutor buat ganti splash screen dong, ane ud ubek2 mbah google gak ada gan. HH ane andromax hisense e860, thanx gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan ane bukan pengguna andromax .. n pengetahuan ane minim tentang andromax. mungkin bisa gabung dengan grup khusus type hp agan di facebook.

      Delete
  75. kalo pake Young duos dengan SD card 2GB harus ganti SD card ya bang berarti??
    udah di root dan aplikasi udah di move semua ke SD card..
    ngaruh gak kalo aku ganti SD card?
    ato gimana?
    mohon bimbingannya ya bang?
    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngaruh gan ,, ane sarankan sebelum ganti sdcard move lagi ke phone n kosongkan aplikasi di sdcard yang sudah dipindah tadi.

      Delete
  76. gan, misalkan uda brhasil. ad g resiko lain dr cara ini.
    apkah smua aplikasi masih jalan normal?
    sistem krjanya gmn? apkh scra otomatis nge-kill aplikasi dbackground.
    soalnya gni, tkutnya klo otomatis ngKill, system setting Hpq biasanya ampe 30MB mke ram. takutnya dngan di kill td, hp lngsung restart ato gmn2. ane mkirnya aplksi yg pke ram di atsa 25 bkal lngsung dstop, sesuai dg setting build prop =25 diatas. mkanya tny sistem krjanya.
    sorry klo bnyak tnya, cm pngn bljar n dpt pnceran aj dr agan.he

    ReplyDelete
  77. Gan, kalo misalnya gagal bisa eror gk gan hapenya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab ya gan, kayaknya adminnya lagi sibuk, gagal tidak bakal eror gan, khan bisa di restort ulang, makanya kalau otak-atik yg penting backup rom yg sekiranya cocok, baru di otak atik,.seandainya gagal pasti nanti buka aplikasi force close, kalau sudah force close tinggal di restor hasil backup an nya...beres...semangat gan....

      Delete
  78. Bang Ady, itu smua di download lwt hp, atau cmputer? krn yg format apk kan hrs di android kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enakan ke komputer gan, jadi bisa praktekin sambil lihat tutornya, kalau langsung hp dieksekusi kayaknya ribet,....semangat gan, punya android kalau gak di oprek.....payah deh,

      Delete
  79. mantap gan, udh ane praktekin di mito android 2.3 ginger kesayangan, berhasillllllll
    tadinya sisa memori untuk aplikasi yg berjalan 37mb, sekarang nambah jadi 117mb, makin,...wus....wus......wus...tidak pakai crot gan,.....sukses blognya gan, ane mau kasih screen shot disini tapi caranya gimana ya,.....

    ReplyDelete
  80. di tahap ini g bisa bang: Buka b1 archive lalu cari file '98_test.zip' > tekan lama-lama pilih extract > select another folder > tekan gambar rumah > another location > ketik /system/etc/init.d lalu tekan panah > dan pilih extract here lalu reboot.

    muncul tulisan: cannot write to the selected folder. please try again with another one of your SD card

    apakah harus ganti sd card atau memang init.d nya gak bisa..
    sd card sudah 16gb class 10, mohon solusi. makasih

    ReplyDelete
  81. Gan ko digalmin ane pas di cwm kaga ada tulisan Mount /System and /Data yg ada cuma
    - Mount /cache
    - Mount /data
    - Mount /system
    - Mount /sdcard
    - Mount /sd-ext
    - Format /cache
    - Format /system
    - Format /sdcard
    - Format /sd-ext
    - Mount USB stroage
    ada solusi gan....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jwb ni bro ady

      Ad t gan
      baris 2 dan 3, maountnya pisah
      mnurut pnjelsan bro ady
      klo dh tulisan mount,biarkan
      kcuali tlisan unmount,dirubah jd mount

      Delete
    2. iy ane sama
      galmin ane
      pilih yg mana bang ady

      Delete
  82. Gan, kasi tutor nambah memory internal
    trims

    ReplyDelete
  83. gan, ada efek samping buat si hp gak ni,,, jangan2 memperpendek umur???!

    ReplyDelete
  84. gan di langkah kedua ubahnya :

    'ro.HOME_APP_ADJ=-25'

    or

    'ro.HOME_APP_ADJ=25'

    yg bener yg mana?saya takut salah tulis gan

    untuk "boost" saya juga ga isa gan padahal dah ikutin langkah2nya

    saya juga tes pake ram expander tapi malah tambah parah lagnya suka macet2 klo maen,
    padahal saya pake sdcard 32gb class 10 :(

    ditunggu balas nya gan

    ReplyDelete
  85. gan RAM nya bisa nambah berapa Gb ?

    ReplyDelete
  86. Gan kalau pakai yang micro SD 2GB Gmn ?

    ReplyDelete
  87. hadooohhhh bingungung euy
    mau otak atik tapi gk bisa

    ReplyDelete

 
Support : Ady Bakom
Proudly powered by Blogger
© 2012-2013 Ady Bakom | Contact
Original Design by Creating Website Modified by Ady Bakom