Artikel Terbaru :
Home » » Memindahkan Aplikasi Android Dengan Link2SD dan App2SD

Memindahkan Aplikasi Android Dengan Link2SD dan App2SD

Written By ady davedevil on Friday, April 26, 2013 | 11:45 AM

http://4.bp.blogspot.com/-R1g5NQvmCfk/UXnlG6mlFII/AAAAAAAAAnI/-Sf_zBkQQhM/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD.png
Link2SD dan App2SD
Pada posting sebelumnya menjelaskan tentang cara mempartisi memory sd card / microSD. Dan pada hari ini akan membahas cara memindahkan aplikasi android dengan link2SD dan App2SD. Banyak yang pesan kepada saya untuk memposting hal ini dikarenakan mungkin gadgetnya pada lemot dan inilah jalan satu-satunya agar android tidak lemot/lambat loading. Untuk itu dengan baik hati ady akan memberikan tips dan trik yang mungkin berbeda dari website or webblog lain. Tutorial ini dibuat menurut pengalaman yang sudah saya dapatkan. Dan tutorial ini berhasil 100% di gadget saya. Ok langsung saja kita praktekkan tutorialnya dan perhatikan langkah demi langkah. Walaupun agak ribet tapi ini berhasil dan terbukti. Silahkan disimak.
  1. Yang pastinya sudah di root jika belum lihat caranya disini.
  2. Dan yang pasti SD cardnya sudah di partisi caranya disini.
  3. Silahkan download link2SD dan App2SD. Dan instal aplikasi tersebut.
  4. Buka link2SD lalu pilih tab 'semua'. Lihat gambar.
  5. http://1.bp.blogspot.com/-Opm4xl4ULOY/UXnsA76dtDI/AAAAAAAAAnk/uKEQppv8BaQ/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+1.png
    Link2SD
  6. Pilih aplikasi yang ingin dipindah ( contoh saya ingin memindahkan games 'glow hockey' ).
  7. http://2.bp.blogspot.com/-jooJULXk-yA/UXnsBAaOJSI/AAAAAAAAAns/Z5dwrygr-jY/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+2.png
    Link2SD
  8. Klik Glow Hockey lalu pilih 'pindahkan ke SD card.
    http://3.bp.blogspot.com/-XQ1jM6gNWmM/UXns3OFBY5I/AAAAAAAAAo8/ppMd139GI8Y/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+3.png
    Link2SD
  9.  Setelah selesai lalu tekan lama-lama aplikasi tersebut lalu pilih 'membuat link'
    http://2.bp.blogspot.com/-ipnzZ3A83M0/UXnsGsb430I/AAAAAAAAAn8/BG-ZpU_rX1I/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+4.png
    Link2SD
  10.  Centang semua lalu pilih ok.
  11. http://2.bp.blogspot.com/-JDvrYrmKmFU/UXnsFO8z43I/AAAAAAAAAn0/8UsDF6F1twk/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+5.png
    Link2SD
  12. Jika sudah selesai dari tahap-tahap diatas maka akan muncul tulisan 'Ter-link > SD card' seperti gambar dibawah.
  13. http://3.bp.blogspot.com/-Q9vGuNBMaeA/UXnsdCabYNI/AAAAAAAAAoM/XqLgL5g4P8w/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+6.png
    Link2SD
  14. Setelah itu tutup link2SD lalu kita beralih ke App2SD. Buka App2SD lalu pilih tab 'movable' seperti gambar dibawah ini.
  15. http://3.bp.blogspot.com/-li_xE2qPzGU/UXnscJ3xawI/AAAAAAAAAoE/mP5hdTmKbo4/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+7.png
    App2SD
  16. Muncul aplikasi yang ter-link tadi lalu klik aplikasi tersebut dan pilih 'pindah ke kartu SD card'
  17. http://2.bp.blogspot.com/-t7GU1JIK5_E/UXnseVWdsGI/AAAAAAAAAoU/bvbAqZSXSLs/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+8.png
    App2SD
  18. Setelah tahap diatas selesai maka anda berhasil memindahkan aplikasi ke memory eksternal/MicroSD. Selanjutnya pindahkan aplikasi-aplikasi lainnya dengan cara yang sama.

Pembuktian : 
http://4.bp.blogspot.com/-3PksUdOFViY/UXnshUNQO4I/AAAAAAAAAok/DwPlW4iXAvE/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+b.png
Penyimpanan

*Dari gambar diatas terbukti bahwa puluhan aplikasi yang saya instal tapi penyimpanan memory telepon/system tetap rendah alias tidak terbebani karena semua aplikasi yang saya instal itu masuk ke memory eksternal. Lihat juga statistik memory saya pada gambar dibawah ini.
http://4.bp.blogspot.com/-e5z7mrcsqz8/UXnslDrifbI/AAAAAAAAAo0/0J26ZikKbj8/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+d.png
Statistik Memory

Tips Tambahan :
  1. Pindahkan juga aplikasi seperti Samsung Apps dan Google Play Store atau aplikasi-aplikasi yang bertanda -update- dan jangan memindahkan aplikasi yang bertanda -Odex-
    http://3.bp.blogspot.com/-Bx1Wq0EGW2E/UXnsku3yh8I/AAAAAAAAAos/b51NGJBaGkQ/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+c.png
    Aplikasi -odex-
    http://1.bp.blogspot.com/-kyxWSsFaJhg/UXnshKVQ3OI/AAAAAAAAAog/5LKMvKlFG1s/s1600/Memindahkan+Aplikasi+Android+Dengan+Link2SD+dan+App2SD+a.png
    Aplikasi -Update-
  2. Tips yang kedua adalah menghapus aplikasi bawaan android yang menurut anda tidak penting caranya disini.

Dari langkah-langkah dan tips and trik yang saya berikan diatas mungkin sedikit 'ribet' tapi sebanding dengan hasilnya. Jika ada pertnyaan atau langkah-langkah yang membingungkan silahkan berkomentar dan saya siap menjawabnya. Salam androiders !!!


Description: Memindahkan Aplikasi Android Dengan Link2SD dan App2SD
Rating: 5
Reviewer: ady davedevil
ItemReviewed: Memindahkan Aplikasi Android Dengan Link2SD dan App2SD
Share this article :

76 comments:

  1. gan ane mo nanya.. pas prog link2SD di jalankan, nongol pilihan gini :
    Select the file system of your SD card's second partition :
    ext2
    ext3
    ext4
    FAT32 / FAT16

    tapi pas gw pilih salah satu trus OK yg keluar :
    Mount script error
    Mount script cannot be created

    Mount: Invalid Argument

    hasilnya prog/ game yg mau di link jd ga bisa, muncul pesan:

    /data/sdext2 mount not found.

    kira2 masalahnya dmn nh gan? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan pilih yg mna pas muncul di link2sdnya???
      agan hrus pilih yang ext2 gan.

      itu pesan kesalahan bahwa tidak ditemukan formatan ext2 di sd card gan.

      Delete
    2. ane pilih ext2 atau FAT32 / FAT16 muncul pesan spt diatas...

      kalau pilih ext3 atau ext4 muncul :
      Mount script error
      Mount script cannot be created
      mount: No such device

      jadi salahnya dmn ya kira2 gan? SD yg abis dipartisi aja ga kebaca di leptop tapi bisa keliatan di prog MiniTool Partition Wizard Server Edition...

      Delete
    3. coba agan partisi ulang saja

      Delete
    4. klo gx bisa ext2 plih ext4 punya ane bisa gan

      Delete
  2. mau tanya bos, gemana kalo mau ngelepas kartu SD nya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk menu setting pilih sdcard lalu pilih unmount sdcard tunggu proses selesai lalu lepas sdcardnya. jangan langsung dilepas karena membuat hp hang

      Delete
  3. gan saya udah ngikutin langkah2nya dari awal sampe akhir...permasalahannya pada aplikasi app2sd yg moveable g kluar gambar aplikasi apa2 alias kosong,padahal dr awal lancar2 terus...semuanya pada masuk k on sd card yg d sebelahnya...sarannya bagaimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika sudah masuk ke tab on sdcard berarti agan dh berhasil mindahin aplikasinya ke sdcard

      Delete
    2. iya gan udah berhasil...makasih gan tutornya...

      Delete
  4. Gan, kalo apps yg bersifat update, kaya twitter, fb, wechat, whatsapp, kakao, (mesengger) itu dipindahin juga ke eksternal apakah gak ngaruh? apakah masih ada notif/update jika ada pemberitahuan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk ngaruh gan, selama sd cardnya ad di hp semua tetap berfungsi seperti biasanya :)

      Delete
  5. gan tau cara nambah kapasitas memori internal gk? ane frustasi banget nih banyak aplikasi keren mau di instal tp memori internal kecil .__.") tolong sarannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh kan udah ane kasih caranya diatas gan ,, pindahin ke sdcard..... klau mslah lambat atau lemot kesini aja gan http://adybakom.blogspot.com/2013/06/cara-menambah-ram-di-android.html

      Delete
  6. gan klo pas di app2sd nya ga ada yg moveable gmna? pdhal udh terlink.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulangi linknya gan ,, ane sarani aplikasi yang tidak ada di movable uinstal aplikasi tersebut lalu pindahkan ke sd crad lalu linkkan pasti muncul di movable

      Delete
  7. ini yg ane cari...haturtengkyu agan

    Mmmmuuaaacchhh...mmmuuaacchhh
    kwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha agan yg satu nih lebeh -_-
      yap sma2 gan :D :D (y) (y)

      Delete
  8. Gan di app2sd movable kga ada apa²..
    msih ttep di msih ttep di phone only..
    apa perlu smua aplikasi di uninstal ??

    mohon pencerahan secepatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah semua aplikasi dan games begitu ???

      Delete
  9. gak bisa di s3 mini gan,...
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia bang ady, ae kaga bisa nh dise3 mini, ude bisa cuman kaga bisa bikin link ke sdCard bg ady, bgimana ini ya-'

      Delete
  10. Gan, aplikasi yang udah terlink di link2sd tapi pas ngebuka app2sd kok aplikasi tersebut gaada di movable yah? malah ada nya di phone. Itu gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka link2sd lalu pindhkan app trsb ke phone lalu remove link lalu pindahkan lgi ke sdcard dan buat link

      Delete
    2. Oke gan makasih. Oya mau nanya lagi kalo misalnya udah pake link2sd sama app2sd tapi internal storage nya masih tetep penuh harus gimana?

      Delete
    3. reset dta sja gan ^_^ ulangi dri awal

      Delete
  11. kalau pas buka di link2sd app nya ga ada di movable,adanya di phone, tapi pemakaian memori internalnya sudah berkurang, itu gmn ya?.
    mau di pindahin ke phone lagi, ga ada pilihannya, pilihannya malah pindahin ke sd card

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka movable bukan di link2sd gan tpi di ap2sd ,, perhtikan baik2 stepnya gan

      Delete
    2. salah tulis, maksudnya di app2sd

      Delete
    3. trkdang ada aplikasi yang sprti itu gan ,, ane juga nemuin tpi itu tdak mslah ,,, lanjutin aja ke app lainnya ,, ^_^ good luck gan

      Delete
  12. Mau tanya ni,pd saat tahap k-8 yg disuru centang semua. Kok d aku yg "Link-kan Library" ndag bisa ya? (dbwhny ada tulisan 'tdk ada lib')
    #need_urhelp

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tak ditemukan file yang ingin dipindahkan jadi next aja,,,

      Delete
  13. sama yang diatas, aku juga gak ada "link-kan Librarynya"... piye iki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tak ditemukan file yang ingin dipindahkan jadi next aja,,,

      Delete
  14. saya jg mengalami hal "aneh" seperti yg diatas yaitu aplikasi berhasil di Linked dgn Link2SD tapi tidak muncul di Movable App2SD. Yang bikin heran Internal memoriny jadi sedikit lega..
    yang ingin saya tanyakan, apakah aplikasiny sudah pindah ke SDCard ext2..? klo sudah pindah, untuk apa App2SD..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tidak masalah gan diteruskan saja

      Delete
  15. Halo Gan Ady Davedevil,

    setelah saya mengikuti cara untuk partisi di postingan
    http://adybakom.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-partisi-pada-memory-sdcard.html

    dan ane melanjtkan pada tahapan link2SD dan memilih ext2 lalu reboot,
    dan setelah reboot muncul tulisa seperti berikut "mount: Mounting /dev/block/vold/179:2 /data/sdext2 failed: invalid argument"

    tulisan di atas muncul pas saya mumbuka kembali Link2SD

    mohon solusinya gan

    HP: galaxy mini s5570
    ROM: Chocobread 3.2

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba agan partisi ulang sdcardnya lalu coba lagi ,,

      Delete
  16. gan,hp ku Galmion GT-S5570, 2.3.4 gingerbread, 2.6.35.7-perf-CL561540root@DELL151#1, pass mau rooting kok ga brasil ya,spuer user nya ga keluar.mhn sarannya

    ReplyDelete
  17. Gan i mau tanya.... ??? Hp i kok ngk ke baca d laptop mohon pencerahan...

    ReplyDelete
  18. gan mau tanya nih, saya di kala mau membuat link ada peringatan seperti ini "pastikan kamu memiliki 2 partisi pada SD card kamu dan keduanya berupa primery" nah itu kenapa yah !
    mohon bantuannya please

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya sdcard agan blum terpartisi degan benar ,,,

      Delete
  19. apa harus dipartisi dulu kalau mau pakek ini...

    ReplyDelete
  20. gan mau tanya?

    apa pengaruhnya kalau sd cardnya dicopot,kan play store dan apps lainnya kan udah dipindah ke sd card .

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal lepas sdcardnya dengan prosedur yang benar itu tak jdi mslah gan dan tdak ada pengaruhnya sma skli .. tpi perlu diingat jika lepas sdcard otomatis aplikasi yg ada di sdcard tdak akan muncul di hh agan

      Delete
  21. gan,kan memory ane udah ane partisiin. tapi masalah nya ko pas ane cabut. aplikasi yg ada di memory external, data data nya pindah ke memory internal gan.
    ane minta solusi nya dong gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. data-data ap dlu gan ,, data aplikasi atau data fto,video,musik.dll

      Delete
  22. gan, ane mo tanya..

    kan ane dh 'pindah ke sd card' trus ane 'link ke sd card' pke link2sd (tapi 'link ke library'nya gak bisa di centang) dan udah sukses dan muncul tulisan "terlink -> sd card"
    tapi di app2sd(AppMgrIII) di "movable" nya kosong gan, dan app nya masih di memory phone..

    tros ane coba ulangin tapi nggak ane 'link ke sd card', jadi cuma 'pindahkan ke sd card'
    trs ane buka AppMgrIII langsung udh ada di sd card. Pertanyaan ane: Apa pengaruhnya untuk app tsb gan jika ttep dibiarkan begitu?

    makasih gan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika tdak bsa dicentang brrti file trsbut ksong gan jdi truskan sja

      Delete
    2. masalahnya tu kalo ngga di link to sd card ada ngaruhnya nggak?

      tapi saat ane link to sd card, trus buka AppMgrIII bagian movable nggak ada apa - apa

      Delete
    3. mamnk gan trkdang di appmngIII tdak terdeteksi soalnya filenya tdak di link semua tpi itu tak mslah

      Delete
    4. brarti ngga perlu di link ya?

      oke mksih gan

      Delete
  23. gan ane mau tanya, kenapa waktu ane pilih "pindah ke SD" di link2sd kenapa gagal ya sama muncul tulisan "pkg:/data/app/com.google.android.gm-1apk.Failuer[INSTAL_FAILED_INSUFFICIWNT_STORAGE]"? ane harus ngapain ya gan

    ReplyDelete
  24. SAMA ANE JUGA MUNCUL PESAN ERROR
    pkg:/data/app/com.android.vending-1.apk.Failuer[INSTAL_FAILED_INVALID_INSTALL_LOCATION]

    ReplyDelete
  25. gan ko di hp ane ga bisa mindahin keexsternal?!
    ada tulisan "appSD tidak mendukung oleh ponsel.karena ponselmu mempunyai penyimpanan luar utama yang melebiihi penyimpanan luar utama yang melebihi penyimpanan internal.kamu bisa me-link aplikasi untuk memindahkan keSD card."
    tolong pencerahannnya ya gan

    ReplyDelete
  26. gan ko di hp ane ga bisa mindahin keexsternal?!
    ada tulisan "appSD tidak mendukung oleh ponsel.karena ponselmu mempunyai penyimpanan luar utama yang melebiihi penyimpanan luar utama yang melebihi penyimpanan internal.kamu bisa me-link aplikasi untuk memindahkan keSD card."
    tolong pencerahannnya ya gan

    ReplyDelete
  27. gan mau tanya

    kalau sdcarnya ga di partisi gmna?

    ReplyDelete
  28. udah ter-link tapi ko di app2sd nya gak ada ya gan ?

    ReplyDelete
  29. Mau tnya nih...udah bingung bgt cr mindah app hp sy ke sd...sy udah instal link2sd dan app2sd tp pas sy sampai langkah ke 3 yg mau mindahkan ke sd..knp ada peringatan tdk ada dukungan dr hp??dan d suruh me link app..sy cb me link tp tdk bs?ada yg slah dgn hp sya,memory sd atau sy tdk bs?thanxs gan

    ReplyDelete
  30. Gan pas Buka link2SD, kok muncul suruh milih ekstensi file buat micro sd partition 2? Ane milih yang Ext2. Pas direstart,kok booting terus???

    ReplyDelete
  31. gan s3mini saya kok ga support total app2sd nya ya ?
    jadi saya ga bisa move to sd card aplikasi lewat link2sd gan
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  32. mw tnya gan,,pas di link2sd mw dipindahin salah satu aplikasi ke sd muncul tulisan app2sd tidak didukung oleh ponsel, karena ponselmu memiliki penyimpanan luar utama yang melebihi penyimpanan internal. knp tuh gan?? tq before

    ReplyDelete
  33. Gini, kan aku partisi micro sd 8 gb ku jd 3 partisi,
    Partisi I format fat32 kapasitasnya 5 ato 4gban rada lupa.
    Partisi II, ext2 3,5 ato 2,5 gban.
    Partisi III, linux swap 500 mb an.
    Udah bisa buat link pake link2sd.

    Problemnya;
    Gak bisa mindahin aplikasi (yg dpt dipindah) ke sd.

    Pertanyaannya:
    1. Link2sd emng gak bisa pindahin aplikasi ato ada yg salah ma partisiny? Klo emng link2sd gak bisa buat mindah/cuma bisa buat link doang, knp ada opsi "pindahkan ke sd"?
    2. Ada yg bilang, kalau sdh terlink ke sd maka gak perlu pindah ke sd, krn efeknya sama ketika diliat di info penyimpanan, sama2 buat internal jd lapang. Benarkah itu?
    3. Ada yg bilang guna link2sd buat link, app2sd buat pindahi aplikasi, udah aku coba, di app2sd gak ada opsi untuk mindah aplikasi. Gimana itu?
    4. Sering dpt kasus gini, stlah download aplikasi trus install, waktu mau install ada tulisan "kehabisan kapasitas, hapus beberapa aplikasi" pdhal memory masih ada banyak, itu kenapa? Jadi meragukan link2app nya work gak sih? Efeknya kok gak kelihatan ya?
    I
    Sori banyak tanya,
    Msh newbie, jawabannya ditunggu :) thanks sebelumnya.

    ReplyDelete
  34. Bang ady, ane juga cobain trik yang di atas tapi pas sampe tahap bikin link di link2app kok ga bisa ya ?
    errornya "directory nonexistent", apa itu gara2 partisi ext2 nya ga kebaca ya bang ?
    padahal waktu partisi sudah sesuai sama tutorial abang.
    oh iya pas ane install link2app ga ada tuh request "Select the file system of your SD card's second partition" kaya temen2 di atas.
    kelirunya dimana ya bang ?
    apa file system partisi ext2 nya musti ane ganti tipe lain ?
    thanks before

    ReplyDelete
  35. bang ady mau nanya nih kok setelah di root aplikasi game di playstorenya nggk bisa di download yah. Pasti ada tulisan eror 408. Itu kira kira kenapa dan gimana ngebenerinnya?

    ReplyDelete
  36. Os android jelly bean ke atas udah ga suport wat pindahin app ke sd card, punya saya jg gt,
    Solusi wat memori internal biar longgar, hp harus sudah diroot, sd card harus sudah dipartisi ext2 (caranya udh dibahas mas ady), instal link2sd, buka link2sd, klik memori internal, pilih app, klik membuat link, semua centang dicentang ae..kalo langkah bener,memori internal longgar,
    Maaf kalo kata2 ga tutor banget, cuma share pengalaman ae..
    Udah dicoba dihp saya, samsung s6310,os jelly bean 4.1.2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan, jgn pernah unmount sd card anda.,penggunaan partisi selain ext2 tidak dianjurkan, link eror setelah restart dikarenakan partisi tidak ditemukan, jika pake ext2 dipartisi ke 2, segalanya lancar aman jaya.
      Ingat jangan pernah unmount sd card!

      Delete
  37. Mas saya sudah pernah pake link2sd +- 1 th, ga ada masalah. Tiba2 skrg error, link2sd minta pilih directory lagi, saya pilih ext2 tp ga mau, tulisannta invalid argument gitu. Trs saya lihat manage app, app nya masih muncul disitu tp ga ada warna nya, grey aja, kl saya mo install ulang, tab nanya apa mau,replace app nya. Saya jd,bingung, tlg info solusinya

    ReplyDelete

 
Support : Ady Bakom
Proudly powered by Blogger
© 2012-2013 Ady Bakom | Contact
Original Design by Creating Website Modified by Ady Bakom