Artikel Terbaru :
Home » » Membuat Partisi Pada MicroSD

Membuat Partisi Pada MicroSD

Written By ady davedevil on Thursday, April 25, 2013 | 1:18 PM

http://1.bp.blogspot.com/-Y2Mrg7wIPLY/UXi0ouPaWvI/AAAAAAAAAmg/rPxJPrv6TIE/s1600/Membuat+Partisi+Pada+MicroSD.jpg
Membuat Partisi Pada MicroSD
Apa kabar sobat androiders ? pastinya baik-baik ajakan ? dan yg kurang baik dibaikin aja lah kwkwkww.....
Posting tentang tema android kali ini adalah bagaimana cara membuat partisi (pembagi) pada memory hp atau yang sering disebut microSD/SDcard. Mungkin ady terlambat yah memposting tentang partisi microSD soalnya lagi sibuk mengurus Ujian Nasional. Tapi tidak apalah yang pasti 'berbagi itu indah' iyakan para androiders semua...???
Ok, kita kembali ke judul. Akhir-akhir ini banyak yang bertanya tentang cara mempartisi memorynya yang bertujuan agar memudahkan memindahkan aplikasi-aplikasi di smartphone khususnya android agar tidak lemot/lambat loading. Untuk itu ady ingin memberikan sedikit tips dan trik cara mudah mempartisi memory atau microSD. Langsung saja deh nih dibawah tutorialnya.

Peringatan:  Backup terlebih dahulu data anda pada memory karena jika sudah melakukan partisi data anda akan hilang/format habis!!!
  1. Siapkan Laptop/Pc dan Card Reader serta Download MiniTool Partition Wizard disini.
  2. Serial Number (pilih salah satu) :
    - 3KKSW5PW4YU58VM3XYVKYCWUKX48FWK4
    - 3K5W3UPY3Y3KMW58XCXP45VP8XWKVYK5
    - UKF5AA4UCYVPVCYUSYW3FSYMSP54F5KM
    - XKVYYFPVXYKFYM3FY54VVMWAKPKUPVKP
    - KK3AX34S8Y5YW5XUACMW8FXMSXK8VFKY
  3. Instal software dan masukan serial dengan kode yang sudah ady sediakan diatas
  4. Masukkan memory microSD anda ke laptop/PC dengan card reader (jangan menggunakan kabel data)
  5. Jika sudah memasukkan MicroSD buka software yang sudah diinstal lalu klik kanan pada MicroSD lalu pilih 'delete' maka akan menjadi unallocated seperti gambar dibawah.
  6. http://3.bp.blogspot.com/-l_ABSjMFbWU/UKSs_Q2YL_I/AAAAAAAAA-M/Mqr6VYi9Xxg/s1600/sdcsvsc.PNG
    Delete
    http://2.bp.blogspot.com/-oDSDJUM11FY/UKSutqBPinI/AAAAAAAAA_U/sTiRuBv3Bw4/s1600/hlcsdv.PNG
    Unallocated
  7. Klik kanan pada disk yang 'unallocated' tersebut lalu pilih 'create'
  8. Sebelum mempartisi silahkan lihat persyaratan mempartisi size sebagai berikut
  9. http://3.bp.blogspot.com/-Ny566TGOvOM/UXjDduEUVfI/AAAAAAAAAmw/oq1OgsXjF9g/s1600/Membuat+Partisi+Pada+MicroSD+adybakom.jpg
  10. Pada contoh partisi kali ini akan menggunakan microSD 8Gb !!!
  11. Setelah tadi di delete maka sekarang klik kanan lalu pilih 'create'
  12. Selanjutnya lihat gambar dibawah ini.
  13. Partisi 1
  14. Creat as : Primary     File System : Fat32     Cluster Size : default
  15. Klik Ok
  16. http://1.bp.blogspot.com/-CxvRG9cH8lM/UKStJJNYeHI/AAAAAAAAA-U/7A9TPjSVvkc/s1600/ilmuandroid.PNG
    Partisi Pada Bagian FAT32 (8 GB)
  17. Lanjut ke partisi 2 sama seperti diatas klik kanan di daerah yang belum terpartisi lalu pilih 'create'.
  18. Partisi 2
  19. Creat as : Primary     File System : Ext2     Cluster Size : 4 KB
  20. Jika muncul 'warning' klik ok saja.
  21. http://3.bp.blogspot.com/--oIJ4g7mQQc/UKStUnZEQ-I/AAAAAAAAA-c/gA49AbZs4fA/s1600/xcosdc.JPG
    Partisi Pada Bagian Ext2 (8 GB)
  22. Lanjut ke partisi 3 sama seperti diatas klik kanan di daerah yang belum terpartisi lalu pilih 'create'.
  23. Partisi 3
  24. Creat as : Primary     File System : Linux Swap     Cluster Size : Default 
  25. Klik Ok
  26. http://2.bp.blogspot.com/--rEixdcPoIw/UKStd9FTvYI/AAAAAAAAA-k/zXV4Oi4PEts/s1600/chdsiacklsd.PNG
    Partisi Pada Bagian Linux Swap (8 GB)
  27. Setelah semua partisi selesai klik 'Apply' dipojok kiri atas.
  28. Jika muncul peringatan klik 'yes' saja.
  29. Tunggu sampai proses selesai.
  30. Jika muncul pesan 'Successful' maka selamat anda berhasil mempartisi MicroSD anda.

Sedikit  penjelasan. Pada partisi Fat32 berguna untuk menyimpan video, foto, musik, serta yang lainnya. Pada partisi Ext2 berguna untuk menggantikan memori internal dari android (disinilah tempat pemindahan aplikasi-aplikasi android). Pada partisi Linux Swap berguna untuk membantu RAM pada android.
Setelah anda berhasil mempartisi MicroSD anda maka silahkan ikuti tutorial berikutnya untuk cara memindahkan aplikasi ke memori external / MicroSD.


Update Tutorial Video
Maaf, dengan sangat menyesal saya menyatakan tutorial video ini hanya dapat dilihat melalui laptop/pc. Tapi jika anda ingin menonton video ini suatu saat, anda bisa menyalin url video tersebut di bawah ini.
Watch On YouTube (url): http://www.youtube.com/watch?v=vUuTNEcwJNA



Description: Membuat Partisi Pada MicroSD
Rating: 5
Reviewer: ady davedevil
ItemReviewed: Membuat Partisi Pada MicroSD
Share this article :

112 comments:

  1. Replies
    1. thu sudah ad digmbar gan
      fat32 : 3.05 Gb
      ext2 : 600 Mb
      linux swap : 100 Mb

      Delete
  2. slam sjahtera gan,,

    ane pke 8gb.
    brusan ane coba ikuti cara diatas, ane ikuti smpe ke ptunjuk 11,
    ko ga ada klanjutan smpe keptunjuk brikut'y sprti ktrangan di atas.

    dn tdi ane lngsung aply hasil'y pending sucsesfull,
    itu arti'y brhasil apa ga gan,
    dn bila blum brhasil, gmna cra mngulangi'y lg.

    tnk's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stlah ane bca lgi udah pas gan smua ad klnjutannya dan lngkap ...
      Mungkin agan tdak mlhat gmbar pda step 11 dn dtrusnya krena artikel diatas hrus dsrtkan dn mngikuti step pada gambar mka smua akan jlas.

      Delete
    2. pdahal dah bner lho mas broo..

      partisi1 dah brhasil,
      nah ke partisi brikut'y gmna??

      msalah'y stlah slsai partisi prtma ga ada ptunjuk lg bt ke partisi slanjut'y

      Delete
    3. Owh gtu gan ..nah saat selesai partisi prtma dan klik ok, lalu klik knan lgi kedaerah yg blum dipartisi lalu pilih create dn lnjut deh prtsi brikutnya...maaf sya blum srtkn gmbarnya untuk yg itu tpi tnpa gmbar psti pada ngrti kok alx kmren ad tmn sya mngikuti step nih dn brhasil gan.

      Delete
    4. mksd'y "daerah" tuh yg mna gan,?
      soal'y ane klik kanan opsi create'y ga bisa di klik.

      sory lom ngrti jg neh

      Delete
    5. klik knannya jng yang sudah dipartisi tapi yg blum di partisi gan,,biasanya di sebelah kanan drive

      Delete
    6. satu lg gan,

      kterangan di tebel no 7 itu mksud'y apa??

      dn ktrangan bt apa??

      Delete
    7. Itu saran saya untuk ngatur size pada partisi sdcardnya

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tq gannn....ilmunya bermanfaat ane dah coba sukses.....

      Nb: Warning....jangan format SD nya di PC alamat kg ke baca....

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. gan tp pas mau k partisi 3 ngga nyampe 100mb cuma 32 mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti agan salah membagi size dipartisi sebelumnya.

      Delete
  8. Gan kalo mau partisi sd card data2 yg ada di internal gak ikut hilang kan? Kayak sms, memo gitulah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah gk gan slma data itu ada di memory internal ,,,, kan yang dipartisi memory external jadi memory internal tidak ada masalah gan

      Delete
  9. jd gmn gan ? msh ngga ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika msih bngung cba ulang dri awal gan prhatikan langkah demi langkah. Sya srankan plan2 sja gan gk usah trburu-buru saya pasti agan pasti bisa.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. oea gan,,

    di partisi linux swap'y ko ga bisa smpe 109.82MB,

    mntok di 107.
    kira2 gmna tuh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jngn notabene ngikuti size diatas gan .. Itu hnya saran ..lebih atau kurangnya tak mslah.

      Delete
  12. Gan.. thanks ya elmunya bermanfaat buanget...
    Ane udah nge-root juga partisi
    Ane udah partisi pake microSD 16 GB dimana:
    Primary fat32 = 13.32 GB
    Primary Ext2 = 1.24 GB
    Linux swap = 156.88 MB
    yg mo ditanyain.. ko SD ane pas di masukin memory card ga kebaca di laptot ya? jadi mo mindahin data program , lagu, video jd ga bisa... knp ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan pkai card reader atau kabel data ???

      Delete
    2. pake microSD adapter... sama kyk card reader kan ya..

      Delete
    3. coba agan masukkan memory ke androidnya lalu connectkan ke pc jika berfungsi berarti adapternya yang gk connect alias rusak

      Delete
    4. oke gan.. mungkin memang adapternya yg rusak. ane cb pake SD lain jg ga kebaca. thanks ya gan.. :)

      Delete
    5. Malem gan... ane mo curhat neh hehe..
      Masalah diatas dah selesai. SD dah bs kebaca lagi sm leptop, gw bs masukin lagu & video juga game...thanks ya gan....

      Nah skrg muncul mslh baru... Gw partisi fat32=13 GB, ext2=1.35 GB, linux swap=478 MB.. tapi pas dimasukin di hp, RAM nya 280 MB & memory internalnya ga berubah ..tetep 181MB... gw dah berkali2 partisi ulang gan tp hasilnya ttp sama aja gan. Mohon pencerahannya gan ye.. thanks =D

      - awie -

      Delete
    6. jangan liat ditask manager gan mank gk klihatan,,, tpi liat di link2sdnya gan,,,

      Delete
    7. oh emang ga keliatan ya?! yauda brarti dah beres.. thanks bgt ya gan atas ilmunya. Simpel tapi berguna bgt. =D

      Delete
  13. gan aplikasinya ga bisan gan..begitu ane apply dy minta versi fullny dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. brarti agan belum msukkan serial number pas awal menginstal

      Delete
  14. Replies
    1. asal dimngerti dn bisa dphami dengan baik ,, ane rsa sbntar saja :)

      Delete
  15. Bermanfaat sangat gan thanks bgt

    ReplyDelete
  16. itu SD card harus kosong ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, btul gan sd card hrus kosong/tidak ada isinya.

      Delete
  17. suksess...
    haturtengkyu agaaaannn...

    ReplyDelete
  18. gw dah lakuin ampe partisi ke 2 (ext2) tapi pas mau buat yg ke 3 (linux swap) muncul tulisan MBR tidak cukup trus gw mesti gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. memank memori agan brpa Gb ? jika 2 Gb jangan pakai linux swap gan

      Delete
  19. gan kenapa pas sudah di partisi gk kebaca dikomputer, terus pas dimasukan ke hp kok memori rusak format kartu memori itu knpa dan bagaimana cara agar tidak rusak lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ke partition wizard lalu delete semua partisi dan partisi ulang dlam satu partisi dengan format fat32

      Delete
  20. gan klo microsd ane 8 GB Class 10, tp ane pake syarat partisi dari agan yg untuk microsd 16 GB itu gpp kan ya gan??? mempengaruhi kinerja gk? masalahnya ane jg gk begitu butuh banyak memory untuk nyimpen file2 lagu/foto dsb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah gk apa gan alx itu untuk recomended saja tidak ada mslah ,,,

      Delete
  21. Gan, ko minitool partition wizard nya gabisa di download ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah saya check mau aja gan didownload,,, ushakan lwat pc gan

      Delete
  22. kalo yg SD card 2gb, cluster sizenya apa aja? saya ga ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah ada digmbar gan... sbnarnya tutorial itu sudah benar n asal plan2 dan teliti psti mudah kok gan

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. gan, wkt melanjutkan langkah ke 14, muncul tulisan "the new created partition cannot be used in Windows. because Windows could only recognize the first partition on a removable disk. do you want to continue?" sy hrs pilih yes atau no??

    ReplyDelete
  25. thanks gan... oh ya, memindahkan aplikasi itu hrs lwat PC atau bs lwat hp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas bgt hrus lewat hp alx aplikasinya di hp hehehee logika on gan :D

      Delete
  26. bung ady, saya ikutin tutorial u/ pindahin aplikasi ke sd card via link2SD... alhamdulillah berhasil, skrg internal saya gemuk lg.
    oia, saat ini saya pake smartfren andromax-V dan udah saya root.
    tp saya ada beberapa pertanyaan nih..
    1. disebutkan partisi fat32 u/ simpan foto, music, film, doc, dll.. gimana caranya supaya file2 td langsung tersimpan di SDcarnya (saya pake MicroSD 8GB) saya partisi 5GB.
    2. klo saya konekkan hp ke pc kok saya nda bisa baca sdcardnya? yang terbaca hanya yang internal storage aj. saya ingin bisa membaca/menulis ke dalam sd card via pc.
    atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih dan mohon bimbingannya

    kun
    nb : klo yg lain ada pgn kasih masukan jg saya terima dengan lapangan dada.. uups lapang dada

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cbut sdcardnya lalu pkai card reader gan ,,,

      Delete
  27. emang kenapa kalo pake kabel data ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setrah agan klau mau pke kabel data tapi jika ada error ane gk tanggung yah hehehee pisss x)

      Delete
  28. gan..itu gk prlu aplksi tmbahn buat nmbah ram ?cmn dipartisi ja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buat nambah ram ada artikel tersendiri gan disini http://adybakom.blogspot.com/2013/06/cara-menambah-ram-di-android.html

      Delete
  29. maaf gan,,,sy coba pke SD yg 4GB..sy samakan dgn ptunjuk anda 1.3,5gb 2.600mb,,tp yg ketiga hnya trsisa 84mb..tdk 100...dan stlh proses tidak terbaca d hp...mhn petunjuk...sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. partisi ulang gan ,, mslah kurang atau lebih itu tak mslah ,,

      Delete
  30. gan mau tanya, rada bingung juga neeh, link yang dari link2sd itu masuknya ke fat32 atau ke yang ext2/4?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ke ext2 gan ,, klau fat32 itu size asli dri micro sd yg biasa dtmpatkan untuk video foto dll

      Delete
  31. gan klo memory 8gb yg ext2 : dan linux swap : dibesarin dapak e ada gak misal ext2 : 1gb dan linuk swap juga 1gb. untuk fas32 menyesuaikan......

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan.. asal fat32 tdak klah kcil dngan partisi yg lain

      Delete
  32. Gan nanya neh. Ceritanya gw pnya micro sd 2gb harga murah 20rb beli ama temen. Kejadian : setelah gw masukin ke hp java ( nokia c3 ) bsa dibaca, tapi anehnya gx bsa mindah aplikasi dr memori inter ke ekster. Trus gx bsa nambahin folder didalam micro sd tsb. Stlh itu gw format micro sdnya tetep gx bsa. Akhirnya gw format deh tuh lewat pc via card reader.... Eh gw format malah jadi gx bsa kebaca di pc ma hp tulisanya kartu memori tidak berformat n ukuran memory tdk diketahui. Trus stlh gw selidiki lupanya sytemnya gx ada fat32 nya apaantulah gw gx ngerti.

    Dr kejadian diatas yg gw tanya:
    1. Apakah dgn cara partisi seperti artikel ini mc saya bsa normal lagi?
    2. Jika bsa apakah sama tutornya seperti diatas.

    Trims mohon pencerahanya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja gan cra diatas tpi sran sya cuman stu partisi yaitu fat32

      Delete
    2. ga bisa gan ada tulisan warning! Windows can't regonize because first partition unknown on removable disk. saya lanjut trus sukses abis tu lepas gx kebaca di pc trus gw cabut pasang lagi tetep kaya tadi Msd nya unlocated

      Delete
    3. sdcard agan kemungkinan sudah tdak bernywa hehehe
      cba deh low format gan ,, search di google

      Delete
  33. pasti da caranya tolong kasih gw tutornya donk gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. cba pkai windows xp trus mdnya pke card reader trus klik knan format hpus centrang 'quick format' llu tunggu smpai slesai ,, mungkin butuh waktu

      Delete
  34. ane dah ikutin langkah2 diatas gan,
    mah pas masuk link2sd di suruh pilih file system SD card second partition nya, ane milih ext2
    dan ada perintah disuruh restart..
    pas udah masuk link2sd lagi di suruh milih lg, abis milih ext2 disuruh restart lagi..
    begitu seterusnya..
    second partisi nya belum kebaca sampe sekarang gan..
    itu gimana solusinya..
    HP ane Galaxy ACE

    ReplyDelete
    Replies
    1. partisi ulang gan n instal ulang juga link2sdnya

      Delete
  35. Klu memory 32 gb setingan nya gmn. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. ext2 : 2Gb
      linux swap : 500mb
      fat32 : sisanya

      Delete
    2. Mas saya udah coba dan ngikutin semua nya. Tapi knapa gak terbaca ya memory cadangan buat aplikasi nya... Trus apa bisa di tambah menjadi 4 gb ext2...

      Delete
    3. sbnarnya strah agan mau partisi brpa ,, itu hanya saran saja

      Delete
    4. Wahhhh gagal mulu ni mas... Setelah ngikutin toturial yang mas tulis gak terbaca sd card external yang ext2 dan linux swap.. Jadi pas saya mau pindahkan cuma yang ada ya pndahkan ke memori internal. Mohon bantuan mas

      Delete
    5. hp apa gan ,, cba partisi via cwm

      Delete
    6. Sony xperia L. Saya bingung mas.....

      Delete
    7. solusi prtma ane , agan instal time viewer di laptop agan jdi sya yang partisikan lwat laptop sya via time viewer ini ...

      solusi kedua msuk ke grup facebook khusus official xperia L...

      Delete
  36. gan, kok pas mau donlot minitool partition wizard kok muncul peringatan "MiniTool Partition Wizard.zip tampaknya berbahaya, mendeteksi phising dan perangkat lunak jahat" dari browser ane (Google Chrome) itu enaknya diapain gan? kalo dilanjutin donlot bahaya gak gan untuk komputer? Thenks

    ReplyDelete
  37. gan mau tanya nih...
    saya mau nge partisi mSD 16gb..
    partisi 1 : apa dan berapa ukurannya?
    partisi 2 : apa dan berapa ukurannya?
    partisi 3 : apa dan berapa ukurannya?
    apa harus urut ya step step nya...
    mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbnarnya diatas itu partisi standar ,, klau mslah ukuran size stiap partisi itu strah agan asal tdak mlbihi kapasitas fat32

      tidak perlu diurut gan ,,

      Delete
  38. gan..maaf ne ane mau tanya............cara me backup gmana ya???tlong dbntu....makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. salin aja ke komputer filenya seperto foto video dll.. yg penting salin yang penting2 saja.

      Delete
  39. Replies
    1. ia gan alx tanpa root, partisi tersebut tidak bsa digunakan hehee

      Delete
  40. gan misalkan memory card ane sudah di partisi,, trus di cabut tuhh otomatis instalan yang di dalam memery card ke hapus instalannya, nah kalo masukin memory card ke hape lagi apakah memory nya harus di partisi lagi atau enggak ???

    jawabanmu sangat berati :)

    ReplyDelete
  41. wah sukses nih gan partisi.. tengkiuu beraat.. yang ane mau tanya, applikasi android yang mau di pindahkan ke SD (pake link2sd) cuma ke tampung di partisi ext2 kah? punya saran ga kalo ane lebih butuh space banyak buat applikasi ketimbang buat foto, musik, video dll?? thx gan

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. gan kalo mau liat kapasitas partisi ext2.a diamana?

    ReplyDelete
  44. Gan .... memory ane gak kebaca gan ,, udah ane colokin pake kabel data juga gak kebaca gan ,,, apa yang salah gan ,,, mohon di jawab gan ,,
    ane bingung gan ,,,,

    ReplyDelete
  45. gan, ku udah berhasil partisi kartu memori saya yang 16 gb, tapi setelah saya buka di linux hp saya reboot sendiri dan selalu muncul dan logo sony aja. apakah hal ini wajar?

    ReplyDelete
  46. kaka mf... saya mau nanya.... nih kalo memory saya kan ga bisa kebaca. gara2 salah hapus partisi di minitool itu gmn yah. biar sembuh.. mksh

    ReplyDelete
  47. gan mw tanya nih,,klo fat32 bwt file music,video dll,,nah ext2 bwt aplikasi berarti tetap saja donk untuk aplikasi hanya bisa disimpan dengan size kecil...misal sd ane 16gb klo dibikin ext2 1,2gb masa dikit bgt gan??? sedangkan 1 aplikasi game ane ada yang sampe 1,5gb.

    ReplyDelete
  48. Hp harus kondisi root atau gmn gan??

    ReplyDelete
  49. yes...saya berhasil...thanks banget gan

    ReplyDelete
  50. Gan, numpang tanya, udah ane ikutin langkah2 di atas, trus wktu buka link2sd nya, di sruh mlih type partisi ke 2, trus udah di plih yg ext2, trus ke restart hpnya,, stlah itu mlah boot loop trus,,
    Solusinya gmna ya gan?

    ReplyDelete
  51. Mas minta tolong ne untuk memori 4gb
    partisi ke 2 cluster size nya 4kb juga ya
    terima kasih mas

    ReplyDelete
  52. semua step sudah saya ikutin & semua sudah bner & sukses .
    tapi, mengapa begitu msuk link2sd saya mw link/mindahkan ke eksternal tidak bisa ? -_-
    "\dev \block : device not found"
    ada solusi gak gan ??|
    Kartu SD saya 16GB (14,6GB)

    ReplyDelete
  53. Tanya Bos ..,, semua perintah sdh dilakukan dan sukses, setelah kartu dipasang kehp n dibuka link2sd ada ket " pilih jenis file sistem ke 2 pd sd card dan ada peringatan akses root .., tlg dong pencerahanya ..., makasih

    ReplyDelete

 
Support : Ady Bakom
Proudly powered by Blogger
© 2012-2013 Ady Bakom | Contact
Original Design by Creating Website Modified by Ady Bakom